Selasa, 04 September 2012

Kecewa ituuuu (╯_╰")

Pernah mengalami kekecewaan???
Apa sih kecewa itu?
Kenapa bisa kecewa?

Kekecewaan itu terjadi karena harapan yang berlebihan.. Terlalu menginginkan sesuatu sesuai dengan perasaan & tujuan tentunya..
Ketika harapan tersebut tidak sesuai rencana & hasil yang diinginkan akan muncul rasa tidak puas sehingga memunculkan kekecewaan..

Kadang hidup gak sesuai rencana.. Kita bisa aja berencana.. Tapi Tuhan punya cerita lain untuk kita..
Memang yang kita anggap suatu rencana sudah baik untuk kita, tetapi setelah dijalani kok berbeda dari rencana??

Percaya gak percaya, Tuhan punya caranya sendiri & tentu aja jalan yang terpilih pasti baik untuk kita..
Coba deh dipikir2, pernah gak ngalamin merencanakan sesuatu, tapi gagal.. Dan ketika kita kecewa, ada satu hal kecil buat kita bilang "oh untung ajah gak jadi tadi"..
Jangan hanya dilihat dari sisi negatifnya, gagalnya suatu rencana pasti ada sebabnya & hanya peramal dan tuhan yg tau kenapa.. HAHAHAHA
Kita cuma bisa jalanin aja.. Kecewa sih kecewa.. tapi kalo diikhlaskan, pasti ada jalan lain & mensyukuri ternyata gagalnya rencana kita karena ada sesuatu dan lain hal yg akan terjadi & tentu saja gak diduga sehingga kita akan bersyukur & bilang "waaah untung ajah ya" hihihihii

Percaya apapun pilihan tuhan adalah yang terbaik.. Wlwpn kadang kita menganggap Tuhan gak adil lah, Tuhan gak mengerti lah.. Tapi coba dipikir lagi deh.. Ternyata semua masih baik2 aja kan??

Kali ini aku kembali terinspirasi karena salah satu temanku curhat & mengalami suatu kekecewaan terhadap pasangannya belakangan ini..

Kalo sempet baca tulisanku yg judulnya "benarkah cinta itu buta", inilah salah satu contoh masalah mereka.. kembali iluh sari mengalami kekecewaan karena sang pujaan hati ajus membatalkan janji temu mereka.. Awalnya ajus mengajak iluh sari untuk bertemu.. Entah apa yang terjadi, iluh sari menunggu ajus, terus mengebel & mengesemes ajus untuk menanyakan kepastian pertemuan mereka, sampai akhirnya 1 jam berlalu ajus memberi kabar & membatalkan janji ketemu.. Alasan ajus membatalkan karena ajus saat itu sedang mabuk.. Hal yg sama yg selalu ajus lakukan pada iluh sari sejak dulu & selalu dimaafkan.. Buruknya lagi iluh sari sempat protes dengan sikap ajus ini..
Iluh sari kali ini benar-benar kecewa, karena iluh sari sudah lama mendambakan ingin bertemu sang pujaan hati yang belakangan diketahui hubungan mereka telah berakhir tersebut.. 

Hal yang sepele sebenarnya untuk dibahas.. 

Pernahkan kalian rasakan ketika kita ada janji bertemu dengan seseorang yang sudah lama kita rindukan tetapi tiba-tiba dibatalkan... Apalagi janji ketemu kencan... HAHAHAHA
Aku pernah juga kayak gitu, dan rasanya kesel beudddd...

Tapi dibalik itu, ternyata iluh sari mensyukuri pembatalan janji ketemu.. 
Kenapa malah bersyukur??

Dari pengakuannya, iluh sari mengaku jika mereka kembali bertemu, hubungan yg tidak pernah pasti itu akan lanjut lagi.. Istilah gaholnya "terjun kejurang yang sama untuk kedua kalinya".. Atau bahasa lainnya "ngulang kesalahan yang sama".. (Maklum aku gahol soalnya) HAHAHAHA
Kenapa dia bilang kesalahan?? Karena iluh sari sebelumnya telah mengakhiri hubungan mereka yang secara gahol disebut-sebut "Hubungan Tanpa Status (HTS) tersebut, dia telah berusaha ikhlas melepas ajus wlwpn susah... Ketika ada ajakan bertemu ini diibaratkan sebagai godaan.. Godaan untuk kembali bersama-sama & menjalani hubungan yang tidak pasti ini.. Seperti yang orang-orang rasakan juga, ketidak pastian dalam hubungan selalu menyakitkan.. Kalo istilah gaholnya seperti jemuran kering yang gak diangkat-angkat gitu.. Menggantuuuung terus terombang ambing oleh keadaan.. HAHAHAHA

Mungkin iluh sari sempat lupa karena masih terhanyut dalam perasaan sayangnya pada ajus.. Tapi ketika dikecewakan, iluh sari sadar telah diberi jalan lain oleh tuhan.. Secara tidak langsung Tuhan memperingatinya "hey iluh sari, sakit yang kamu rasakan adalah peringatan dariKu & Aku akan memberikanmu jalan lain" (Serius bener yah -___-")

Yang terjadi pada iluh sari adalah contoh cinta itu buta.. Kenapa? Karena berulang kali tuhan telah menunjukan "hey dia tak pantas untukmu!!", tetapi masih aja dijalani..
Ketika Tuhan menganggap itu suatu yang tidak baik untuk umatnya, Tuhan akan selalu menunjukan jalan lain & tentunya pasti terbaik.. Seandainya mereka jadi bertemu, mugkin banyak hal yang akan terjadi, iluh sari akan terus sakit hati karena mengharapkan ajus yang belum tentu bisa dimiliki..

Pengharapan yang berlebihan inilah yang membuat kecewa..
Cara mengendalikannya adalah dengan mengiklaskan segalanya & sadar..
Bukan cuma hal cinta.. Tapi hal lain harusnya bisa iklas juga...
Saat kita memohon pada tuhan apa yang kita inginkan, belum tentu terkabulkan.. 
Jangan kecewa.. Tuhan kadang tidak mengabulkan keinginan kita karena Tuhan lebih tau hal yang sebenarnya kita butuhkan bukan yang kita inginkan..

Kadang kita menganggap tuhan tidak mengabulkan doa-doa kita yang membuat kita kecewa.. 
Kembali aku kasi contohnya.. 
Ketika itu iluh sari cerita, saat ajus mengalami masalah & terancam tidak bisa mengikuti ujian, dia berdoa agar ajus bisa ikut ujian dikampusnya.. Sampai saat hari ujian tiba, doanya belum juga dikabulkan.. Iluh sari sempat kecewa ajus tidak ikut ujian.. Ajus menghiburnya & bilang dia akan mengulang lagi nanti & kanggoang tamat belakangan.. HAHAHA 
Saat itu iluh sari hanya bisa memberikan dukungan & semangat.. Beberapa hari berlalu ujian, ajus mengabarinya bahwa ajus bisa ikut ujian walaupun didalam sel, ajus minta iluh sari membantunya pada saat itu & senang hati iluh sari membantu sebisanya..

Aku sempat merenungi ceritanya.. Terbukti Tuhan bukannya tidak mengabulkan keinginan seseorang.. Tapi BELUM.. Kita anggap tuhan tidak mengabulkan doa kita, tapi itu karena memang belum saatnya.. Ternyata Tuhan punya cara lain mengabulkannya, setelah saatnya tiba & doa yang baik akan terkabulkan & ini kenyataan..

Lagi lagi, kalo gak mau kecewa kita harus lihat sisi positifnya & tetap iklas..

Ketika kita marah terhadap seseorang, sadarkan diri bahwa ini sudah terlanjur terjadi, marah pun gak akan merubah keadaan.. iklaskan... Maafkan sajalah..
Ketika kita kecewa terhadap sesuatu yang sudah terjadi, sadarkan diri, ubah cara pandang, & iklaskan yang terjadi..

Ya ampuuuun kok tulisanku jadi serius gini ya -_-"
Tapi aku gak akan berani nulis kalo gak ada contoh & pembuktiannya tentunya.. Hehehee..
Makasi buat Iluh Sari & kisah cintanya bersama Ajus yang jadi inspirasiku buat nulis & update blog.. wkwkwkwkwkwkk
Makasi juga buat Wanda yang begadang semalem sempat-sempatin buat nemenin & baca tulisanku.. (padahal ye sing ngidang tidur) HAHAHAHA

Maaf bawa-bawa Tuhan mulu nih aku..
Gak maksud sok suci.. Gak maksud menggurui.
Aku gak munafik, kurang lebih aku sendiri & orang biasanya ingat Tuhan jika sedih & kadang suka lupa bersyukur saat senang.. (aku banget ni (ˇ_ˇ'!l)) hehehe :D
Aku cuma berbagi pendapat..
Ini pendapatku.. 
Bagaimana denganmu?? ^_^

Ada yg bilang sama aku "Yang iklas diberkati.. Yang berharap-harap sering kecewa"

Sesuai rencana ataupun gak sesuai...
Apapun yg terjadi...

Always...

Something happen for a reason... (PASTI!!!)

2 komentar: