Rabu, 05 September 2012

Iri itu.....

Hari ini seusatu banget, jadi aku pingin nulis sesuatu tentang gaya hidup... HAHAHA gak nyambung ya? :D
Oke gini, belakangan ini sahabat-sahabatku tercinta memiliki beberapa permasalahan dengan teman-temannya... 
Kalo ABG gitu biasanya permasalahannya mengenai apa saja sich??? Kalo aku pribadi sih (aku kan termasuk yang masih ABG gitu HEHEHE), masalah yang sering aku alami sih masalah cinta dan kantor (kadang-kadang), juga masalah otak yang gak pinter-pinter dikampus hahaha, daaaan masalah-masalah kecil lainnya dengan adekku misalnya berebut sesuatu (tapi bukan pacar) HAHAHAHAHA... Mungkin masalah-masalah kecil aja itu yang kalo diselesaikan dengan beberapa cara dan dijalani aja...

Tapi bagi beberapa orang yang sedang beranjak dewasa, masalahnya mungkin berbeda... Mungkin dari masalah cinta (ditinggal nikah mungkin, atau gak jadi nikah lah, pacarnya direbut lah hahaha) dan masalah keuangan dan yang berat lainnya... Susah mungkin yah kalo mikirinnya, secara aku kan masih kecil (HAHAHAHA maksa banget)...

Beberapa orang dewasa memiliki masalah pada gaya hidupnya... Contoh kecilnya misalnya seorang yang biasa-biasa saja atau sederhana yang sudah kadung (apa bahasa indonesianya sudah kadung ya??? (‾.‾")) bergaul dengan orang-orang yang "punya" baik punya uang atau punya segala-galanya yang diperlukan, mereka akan agak kesusahan menyamai teman-temannya yang punya... Dari rasa gengsi yang muncul ini akan membuat seseorang berusaha agar paling nggak bisa sama seperti temannya yang "punya" tersebut... Cara yang dilakukan ada beberapa cara, pertama cara yang benar dan cara yang tidak benar... Ada contoh dari temanku yang seperti itu, dia rela bekerja ekstra sebagai multilevel marketing salah satu produk kecantikan yang kerjaannya merayu-rayu, juga merayu aku (waktu itu) WKWKWKWKK, dia merayuku untuk ikut, dan akupun terayu, tapi berjalan sebulan saja aku sudah menyerah karena merayu adalah bukan keahlianku...HAHAHA... Aku berhenti... Tetapi lain dengan dia... Sebut saja namanya Koming... Koming ini ternyata sekian tahun tetap menggeluti pekerjaannya itu, sampai dia mendapat gelar SE nya disalah satu perguruan tinggi ternama diBali... Karena pergaulannya yang agak glamor di kampusnya, sehingga menuntutnya untuk ikut seperti teman-temannya tersebut membuatnya bekerja keras... Sekarang, dia sudah punya mobil dan fasilitas mewah lainnya berkat kerja kerasnya... So Cool banget dia.. Sayangnya aku enggak nyampe (‾.‾")

Cara yang dia lakukan adalah cara yang benar... Sedangkan cara lain yang kurang benar adalah dengan mencari pacar seorang Om-om atau tante-tante kaya misalnya, atau meminta paksa pada orang tua, atau mungkin malah jadi klepto.... (JANGAN DITIRU!!!!!!).... Tapi semuanya tetap pilihan masing-masing....

Next, untuk permasalahan pergaulan emang agak susah... Sebenarnya semua karena Gengsi dan rasa Iri kepada orang lain...
Untuk beberapa orang masalah yang dialami sama aja, cuma kadar beratnya yang beda... (emas kali (‾.‾"))

Contoh lain sebuah permasalahan karena gaya hidup adalah mengenai rasa iri... Ini juga yang sedang menimpa beberapa orang teman baikku dan aku sendiri pribadi...

Iri tuh apa sih??? Bagiku sendiri iri adalah rasa kurang bahagia melihat orang lain lebih dari diri sendiri... Misalnya iri melihat teman dapat nilai A sedangkan aku dapat nilai C...
Atau iri melihat mantan sudah bahagia dengan kekasih barunya dan menganggap "kenapa dia dulu gak seromantis itu saat denganku??"
Iri melihat teman-teman kesana kesini belanja atau kesalon sedangkan diri sendiri harus tetap bekerja atau melakukan suatu kegiatan lain...
Dan yang banyak terjadi adalah iri dengan orang lain sehingga sampai mengirim suatu black magic dan menyakiti orang lain... ckckck

Banyak hal-hal yang bisa buat iri... Salah satunya yang dialami oleh temanku sebut saja namanya Ayu, Ayu adalah seorang mahasiswi cantik semester akhir di salah satu perguruan tinggi ternama di kota denpasar... Dulu Ayu memiliki beberapa orang sahabat, salah satunya yang paling dekat sebut saja namanya Ara... Ara adalah teman satu kampus yang juga seorang yang sudah bekerja... Diakhir-akhir menjelang mereka tamat dan akan mendapat gelar sarjana, persahabatan mereka agak renggang karena kesibukan masing-masing... Si Ayu yang tidak terlalu sibuk ini memiliki seorang teman lagi sebut saja namanya Adek, Adek juga adalah teman baikku pribadi... Ayu dan Adek sering jalan bareng mulai dari dikampus atau belanja bareng, kesalon bareng, atau makan bareng... Karena mereka mempunyai kegiatan yang lumayan sama dan mempunyai teman-teman sekitar yang sama, sehingga intensitas pertemuan mereka lebih sering dari pada pertemuan Ayu dan Ara karena terbentur jam kerja Ara (cieeeeh bahasaku HAHAHAHA)... Karena itulah Ara merasa Ayu menajuhinya dan sudah mendapatkan teman curhat baru... Beberapa kali Ayu mengajak Ara pergi dan jalan bareng, tetapi Ara tidak mau... lama-kelamaan Ayu merasa Ara berbeda, Ayu sempat menanyakan kepada Ara "ada masalah sama aku? ayo kita omongin", tetapi Ara tetap bilang tidak ada apa-apa...
Singkat cerita sampai saat ini mereka seperti perang dingin, bahkan teman-teman lainpun ikut terkena imbasnya... Mulai dari menjelek-jelekkan Ayu dan menghasut teman-teman Ayu sehingga Ayu agak dijauhi.... Mereka datang pada saat ada perlu saja... Istilahnya baik didepan tapi dibelakang jelek-jelekin... Bahkan Adek pun juga digituin.... mimiiiihhh.....
Sampai saat ini masalahnya tidak selesai, karena tiap diajak ngomogn si Ara tidak pernah mau....
Masalah yang mereka alami ini termasuk masalah iri yang gak terlalu besar sih, tapi itudah, kembali kekadar besar atau kecilnya masalah tergantung diri pribadi...kalo masalah gini kan termasuk masalahnya ABG labil beranjak dewasa... HAHAHAHA

Apa sih masalahnya sebenarnya??? Aku akan bahas disini...

Dari pengalaman yang aku udah alami, kadang persahabatan ada rasa memiliki, mungkin seperti pacaran gitu tapi gak pacaran... gimana ya bahasanya (‾.‾") agak anuan dikit kalo bilang kayak pacaran,,, yaah gitu dah pokoknya ya... Jadi saat sahabat baik ini pergi dan akrab dengan orang lain, ada rasa gak suka dihati, karena dia yang biasanya bersama kita sekarang ada orang lain masuk... Bagi beberapa orang yang tidak bisa bersahabat dengan beberapa orang lebih dari satu orang, mungkin rasanya agak susah nerima...
Yang dialami Ara adalah kasus seperti ini, Ara merasa tidak diajak atau tidak bisa terus bersama karena terbentur pekerjaannya atau kesibukan lainnya... Sedangkan Ayu dan teman-teman lain bisa jalan bareng dan senang-senang... Yang salah yang dilakukan ara adalah kenapa tidak menjelaskan saja kepada Ayu semuanya... padahal beberapa kali Ayu sudah mengajaknnya jalan bareng hepii-hepii lah bahasa gaholnya... hahahaa... Ara malah menghasut teman-temannya sehingga menajuhi Ayu...

Ini contoh gaya hidup yang berbeda kadang membuat beberapa orang jadi tidak cocok... Kalo sudah tidak cocok, tidak usah dipaksakan... Misalnya aku gak cocok dengan gaya hidup mewah dan glamor karena aku gak bisa mengimbanginya, aku biasa-biasa aja jadinya... Aku nyaman dengan pergaulan teman-teman yang suka jalan-jalan dan hunting makanan enak, aku akan jalani... Jadi kalo gak cocok aku gak akan paksakan...

Penyelesaiannya???

Susah juga nih, karena orang-orang iri hanya akan berhenti iri dan jadi bahagia jika melihat orang lain sedih dan menderita... Orang iri selalu kesal melihat orang lain lebih darinya...
Banyak hal yang akan orang iri lakukan jika melihat orang lain bahagia, misalnya dengan menyakiti orang lain, atau melakukan berbagai cara agar orang lain menderita dan kesusahan...
Dalam pandangannya, orang lain selalu lebih darinya... Misalnya lebih bahagia, lebih tenar, lebih banyak teman, lebih beruntung, dan lebih-lebih lainnya...

Intinya, orang yang iri itu adalah orang yang gak bahagia dengan kehidupan dan dirinya sendiri... 
kasihan yahh... hahaha ooopsss :D

Cara menghindari rasa iri dari diri sendiri???
Kalo aku pribadi, agar tidak iri dengan orang lain, aku cuma mensyukuri apa yang sudah aku miliki... Kalo dipikir-pikir lagi aku ini sudah lebih baik dari orang lain... Lebih beruntung dari orang lain... punya keluarga yang walaupun gak seperti orang lain juga aku syukuri, jadi seperti sekarang aku syukuri, masih bisa jalan sama temen, kerja, kuliah, punya keluarga yang sayang aku, punya adik dan teman-teman yang aku sayangi dan menyayangiku, semua aku syukuri... 

Jadi caranya adalah dengan baca blog ini... HAHAHAHA gak deng...
caranya ya dengan mensyukuri aja apa yang udah dimiliki... Gitu ajah... ehhehehehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar